Organisasi Komputer
Organisasi komputer
adalah bagian yang terkait erat dengan unit – unit operasional dan
interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek
arsitekturalnya. Biasanya mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit
operasional komputer dan berhubungan antara komponen-komponen sister komputer.
Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka,
teknologi memori, dan sinyal – sinyal kontrol.
Arsitektur Komputer
Dalam
bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan
struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer
ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian
perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya).
Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih
difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara
pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras,
dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von
Neumann, CISC, RISC, blue Gene, dll.
Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan
sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras
untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional,
kinerja, Abstraksi dari sebuah arsitektur komputer dan hubungannya dengan
bagian perangkat keras, firmware, assembler, kernel, sistem operasi, dan
perangkat lunak aplikasinya.
Fungsi Pengolahan Data (Data
processing):
Komputer sebagai alat untuk mengolah data yaitu untuk mengolah data yang telah
kita buat dan akan dip roses di CPU. Jika kita ingin membuka kembali program
yang kita buat computer akan mengolah dan membuka program yang telah kita buat.
Contoh: updating bank statement:
Fungsi penyimpanan data (Data
storage):
Komputer sebagai alat untuk penimpanan data yaitu untuk menyimpan data yang
telah dibuat dan akan bisa membuka kembali file yang telah kita buat. Contoh:
download dari internet.
Fungsi Pemindahan Data (Data
movement):
Komputer sebagai alat untuk pemindahan data yaitu untuk pemindahan data
yang telah dibuat dan akan bisa membuka kembali file yang telah kita buat
dengan cara mengcopy paste file yang telah kita buat. Contoh: dari keyboard ke
layar monitor.
Fungsi Kendali
(Control):
Komputer sebagai alat kendali data yaitu untuk mengatur data yang telah dibuat maupun
yang akan dibuat dan akan bisa membuka kembali file yang telah kita buat. Dan
bisa mengendalikan apa yang kita perintahkan melalui keyboard dan lain lain.
KOMPONEN KOMPUTER :
- MOTHERBOARD adalah komponen komputer tempat kita menancapkan atau memasangkan komponen-komponen komputer lainnya seperti processor, video card, sound card, hard disk, dan lain sebagainya. Motherboard berfungsi untuk menghubungkan setiap komponen-komponen komputer tersebut agar bisa saling berkomunikasi satu sama lain. Setiap motherboard memiliki spesifikasi-nya masing-masing, spesifikasi seperti processor apa yang didukungnya dan berapa kapasitas maksimal RAM yang didukung oleh motherboard tersebut.
- PROCESSOR Jika sebuah komputer diibaratkan sebagai seorang manusia, maka processor adalah otak manusia tersebut. Processor atau CPU (Central Processing Unit) adalah sebuah komponen komputer yang bertugas untuk mengeksekusi instruksi atau melakukan perhitungan-perhitungan. Sebelum membeli sebuah processor kalian harus mencari tahu terlebih dahulu socket processor apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah socket AM2, socket LGA, atau lain sebagainya.
- RAM adalah singkatan dari Random Access Memory, yaitu sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk menyimpan data sementara dari suatu program yang sedang kita jalankan dan data-data tersebut bisa diakses secara acak atau random. Sebelum membeli sebuah RAM kalian harus mencari tahu terlebih dahulu slot RAM apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah SDRAM, DDR, DDR2, DDR3 atau lain sebagainya.
- HARDWARE atau perangkat keras dalam sistem komputer yang merupakan komponen yang secara fisik dapat dilihat dan diraba yang membentuk suatu kesatuan sehingga dapat difungsikan. Contonya: keyboard, mouse, cpu, monitor, printer.
- SOFTWARE atau perangkat lunak adalah suatu program yang berisi instruksi-instruksi (perintah) yang dimengerti oleh komputer. Perangkat komputer yang terdiri dari jutaan komponen elektronik tidak dapat melakukan kegiatan apapun tanpa adanya software. Contohnya: sistem operasi, aplikasi.
- BRAINWARE yaitu pemakai komputer atau orang yang mengoperasikan computer karena secanggih apapun komputer jika tidak ada orang yang mengopersikannya maka komputer tersebut tidak dapat digunakan. Contohnya: sistem analisa,operator, dan programmer.
Daftar Pustaka
http://riopanji.blogspot.com/2014/11/arsitektur-dan-organisasi-komputer.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar